Nasal Spray? Apa Fungsinya Bagi Penderita Alergi?

Nasal Spray? Apa Fungsinya Bagi Penderita Alergi?

Kesehatan

Nasal Spray akan sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang menderita alergi terhadap polutan udara ataupun serbuk sari bunga hingga menyebabkan bersin-bersin atau gangguan pada pernapasan. Pasalnya penggunaan alat ini dapat membantu beritanya memperoleh perlindungan ekstra.

Mengenal Nasal Spray

Nasal spray merupakan alat bantu semprotan hidung yang dapat membantu untuk mengobati serta mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan karena terpaparnya organ pernapasan dengan zat alergen. Pada umumnya Gejala yang dapat dilihat adalah penderita menjadi bersin-bersin dan kemudian pilek.

Semprotan hidung ini memiliki kandungan yang dapat membantu untuk meredakan gejala tersebut seperti Oksimetazolin, Phenylephrine serta Cromolyn. Ketiganya mampu melindungi rongga hidung dari alergen Pasalnya penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan alat semprot ini menunjukkan terjadinya pengurangan gejala yang disebabkan oleh polusi.

Alat semprot hidung ini tersedia dalam berbagai bentuk yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada sediaan cair hingga bubuk yang memiliki khasiat yang sama. yaitu dapat menciptakan adanya barier alami terhadap alergen dengan permukaan rongga pernapasan.

Semprotan hidung yang mengandung bubuk hyper selulosa ternyata dapat mengurangi gejala yang timbul akibat polusi udara tersebut. Kendati demikian penggunaannya tidak hanya ketika berada di luar ruangan tetapi juga pada saat berada di dalam ruangan yang ditengarai memiliki alergen.

Pasalnya ruangan yang tertutup membuat konsentrasi alergen menjadi lebih tinggi Terlebih lagi jika tidak memiliki sistem ventilasi udara yang baik yang memungkinkan zat tersebut dapat keluar dari ruangan. Zat alergenĀ  tersebut antara lain adalah zat pewangi ruangan, uap dariĀ  produk pembersih, asap rokok, serta debu yang bisa jadi menempel pada perabotan.

Cara Kerja Semprotan Hidung

Pada umumnya semprotan hidung Ini mengandung oksimetazolin yang menjadi salah satu zat aktif di dalamnya. Saat ini bekerja dengan cara pembuluh darah hingga dapat meredakan gejala pilek dan hidung tersumbat yang diderita.

Setelah disemprotkan ke dalam hidung maka bubuk tersebut akan berubah bentuk menjadi gel yang melapisi permukaan rongga hidung. Barier alami Inilah yang kemudian memiliki sifat untuk melindungi saluran pernafasan. Caranya adalah dengan menghalangi alergen dari udara memasuki hidung.

Adanya lapisan pelindung ini maka alergen tidak akan langsung bersentuhan dengan permukaan rongga hidung yang dapat memicu timbulnya gejala alergi. Antara lain adalah bersin-bersin, dan hidung tersumbat yang pada akhirnya dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan bernafas. Tentu hal ini harus dihindari ketika sudah mengenal apa yang menjadi pencetus alergi.

Bagi Anda yang menderita alergi, ketersediaan obat-obatan yang tepat tentu saja dapat membantu untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karenanya selalu pastikan keberadaan alat P3K di rumah ataupun di mana saja Anda berada untuk keselamatan jiwa ketika serangan sesak napas melanda.

Related Posts