Memahami Gudang Logistik dan Fungsinya

Lifestyle

Gudang secara harfiah bisa diartikan sebagai tempat atau ruang yang difungsikan untuk sebagai wadah penyimpanan berbagai jenis item. Penyimpanan ini akan digunakan untuk berbagai kebutuhan berbeda di masa mendatang.

Ada yang hanya dipakai untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai. Ada juga yang sebagai tempat singgah sebelum dipindahkan ke tempat lain, atau yang biasa dikenal dengan istilah gudang logistik.

Kenapa butuh gudang?

Siapa yang butuh gudang? Jawabannya adalah pihak mana saja yang membutuhkan. Bisa untuk kebutuhan rumah tangga, sekolah, hingga industri berat untuk penyimpanan berbagai stok.

Lalu, kenapa mereka membutuhkan gudang? Akan ada beberapa jawaban untuk pertanyaan itu.

  • Gudang sebagai media untuk menghemat biaya

Gudang logistik ini konsepnya merujuk pada planner sistematis yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas pengadaan barang. Beberapa kriteria pengadaan barang yang dimaksud meliputi jenisnya, waktu, kuantitas, hingga kondisi barang.

Tentu saja ini akan membantu proses penekanan biaya (alias menghemat). Karena pemilik dapat melakukan pengadaan barang secara tepat dan terjadwal, sehingga berdampak pada kelancaran urusan atau bisnisnya.

  • Gudang sebagai media untuk memberikan keamanan pada barang

Di mana tempat teraman untuk menyimpan stok barang yang tidak dipakai sehari-hari atau stok barang jualan, barang pabrik, dll? Jawabannya tentu di gudang.

Dalam dunia industri, sudah jadi aturan umum yang mewajibkan pemisahan untuk menyimpan stok dengan produk yang akan dipakai. Nah, dalam hal ini gudang akan menjawab kebutuhan sebagai media penyimpanan teraman.

Karena biasanya, gudang akan dibangun dengan fasilitas yang lengkap seperti alat keamanan pintu atau tata letak barang yang bagus.

  • Gudang sebagai media untuk memantau barang yang disimpan

Karena gudang logistik ini punya fungsi utama sebagai media untuk perpindahan barang (mobilitas tinggi), maka memiliki gudang dengan pengaturan yang baik akan memudahkan pemilik dalam melakukan pemantauan.

Pemilik yang memiliki orang kepercayaan untuk mengatur gudang, akan mendapatkan laporan data di lapangan yang bisa dicek sendiri kebenarannya dengan survei pada gudang atau mencocokkannya dengan data pada komputer.

  • Gudang sebagai media atau titik temu (konsolidasi)

Apa itu titik/terminal konsolidasi? Gudang logistik umumnya akan dimanfaatkan sebagai tempat pertama yang akan dituju oleh pihak berkaitan, untuk mengumpulkan stok atau barang.

Ketika pemilik punya banyak supplier, maka di sinilah gudang logistik diperlukan. Gudang tersebut ada untuk menampung banyak pabrik yang datang untuk menempatkan barang-barang.

Setelah penempatan selesai atau terkumpul semua, maka dari pihak pemilik dapat memulai penghitungan atau pengecekan barang yang dikirim, sebelum melakukan hal berikutnya.

Nah, itulah sekilas tentang gudang logistik beserta beberapa fungsinya yang bisa admin bagikan untukmu. Lain waktu kita akan berjumpa lagi dengan sajian informasi berbeda dan bermanfaat.