Cara Mengolah Daun Kelor Sehingga Dapat Digunakan Sebagai Obat

Cara Mengolah Daun Kelor Sehingga Dapat Digunakan Sebagai Obat

Kesehatan

Daun kelor merupakan tumbuhan asli dari dataran Asia dan bisa tumbuh juga pada negara-negara beriklim tropis lain seperti negara wilayah Afrika, India, dan Indonesia. Sudah dari lama tumbuhan satu ini digunakan untuk pengobatan tradisional oleh masyarakat karena manfaat daun kelor sendiri sangat baik untuk tubuh manusia.

Daun ini bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit kanker, peradangan, nyeri sendi dan berbagai penyakit lainnya. Bahkan dapat digunakan untuk membantu pasien yang mengalami depresi.

Cara Pengolahan Daun Kelor

Untuk merasakan manfaat dan khasiat tumbuhan ini tentunya Anda harus tahu dengan cara apa saja tanaman ini bisa diolah. Jika tidak diolah dengan benar maka khasiat yang akan diserap oleh tubuh tidak akan maksimal pula. Agar bisa bermanfaat bagi tubuh dan membuat diri menjadi lebih sehat, berikut beberapa cara pengolahan daun kelor yang bisa Anda coba sendiri:

1. Merebus

Cara pengolahan yang bisa Anda coba ialah dengan merebus daun kaya khasiat ini. Dengan merebusnya maka daun ini bisa dimanfaatkan dan disantap sebagai sayur pecel untuk dikonsumsi dengan makanan lainnya. Namun perlu diingat bahwa waktu merebusnya jangan sampai terlalu lama karena bisa menyebabkan kandungan antioksidan yang baik di dalamnya malah hilang.

2. Diseduh Menjadi Teh

Menjadikan tumbuhan ini sebagai bahan utama untuk teh juga bisa jadi pilihan Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun kelor.  Langkah pembuatannya sendiri tidak susah, Anda hanya perlu menggunakan ekstrak dari daun kelor atau menjemur daunnya hingga kering, lalu daun yang telah kering tersebut bisa diseduh dengan air panas. Setelah diseduh tehnya bisa langsung Anda nikmati.

3. Makan Langsung

Teruntuk Anda yang tidak ingin ribet untuk mengolahnya maka daun satu ini juga ternyata bisa disantap langsung atau mentah tanpa harus diproses terlebih dahulu. Hal yang terpenting adalah Anda harus memastikan dengan benar daun tersebut telah dicuci hingga bersih sebelum dikonsumsi. Jika tidak maka bisa saja yang didapatkan bukannya  khasiat baik, tapi sebaliknya malah membawa penyakit ke dalam tubuh.

4. Permen Jeli

Pengolahan satu ini cocok untuk menarik perhatian anak-anak yang tidak menyukai sayur atau tanaman herbal. Anak-anak pasti akan langsung tertarik jika daun kelor tersebut dibuat menjadi permen. Langkah pembuatannya juga tidak susah yaitu dengan mencampur bubuk jeli, air, gula, sirup dan ekstrak daun kelor. Campuran tersebut diaduk hingga mendidih dan didinginkan untuk membuatnya menjadi jeli.

5. Masker

Tumbuhan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut serta wajah Anda dengan diolah sebagai masker. Proses pembuatannya ialah dengan mengambil secukupnya daun kelor lalu tambahkan air sedikit lalu campur hingga teksturnya seperti masker yang Anda inginkan. Selanjutnya oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan sampai kering. Jika sudah, bilaslah wajah hingga bersih.

Itulah beberapa contoh pengolahan untuk mendapatkan manfaat daun kelor yang bisa di coba. Tentunya masih banyak cara lain untuk mengolah tumbuhan ini dan membuatnya berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Related Posts